Connect with us

KEDIRI

Tiga Pasangan Calon Ditunggu KPU Lengkapi Berkas untuk Ikut Pilkada

Published

on

Jatimraya.co.id, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, menunggu kelengkapan berkas dari tiga pasangan calon yang telah mendaftarkan diri untuk ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri 2018.

“Kami sudah sampaikan kaitannya syarat calon. Kami harapkan para calon melakukan perbaikan nanti sampai tanggal 20 Januari 2018,” kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik di Kediri, Jumat (19/1/2018).

Ia mengatakan, dari tiga pasangan calon tersebut belum semuanya telah melengkapi berkas. Untuk pasangan petahana Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah masih kurang tanda terima LHKPN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara) serta surat izin cuti.

Begitu juga dengan dua pasangan lainnya, yaitu pasangan Aizzudin (Gus Aiz) serta Sujono Teguh Widjaya (Jono), serta mantan Wali Kota Kediri Samsul Ashar – Teguh Juniadi, juga ada beberapa berkas yang belum dilengkapi.

Beberapa berkas itu misalnya surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana, tidak punya tangungan hutang, tidak pailit. Untuk Sudjono juga belum menyerahkan surat pengajuan pengunduran diri dari DPRD Kota Kediri. Sudjono selama ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Kota Kediri.

“Itu nanti kami terima dari KPK (berkas LHKPN yang Barcode). Selama ini yang diterima masih tanda terima bahwa mereka sudah menyampaikan laporan harta kekayaan,” ujarnya.

Gus Rofik, sapaan akrabnya juga mengatakan, KPU juga sudah menerima hasil tes kesehatan oleh tim medis dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya. Ketiga pasangan calon tersebut telah diperiksa oleh tim medis RS tersebut, BNN, serta tim psikologi dan hasilnya telah lolos tes kesehatan.

Untuk selanjutnya, KPU masih harus menunggu kelengkapan berkas dari tiga pasangan calon itu. Jika hingga batas terakhir 20 Januari 2017, belum semua berkas dilengkapi, KPU bisa menyatakan bahwa mereka tidak memenuhi persyaratan untuk ikut pilkada yang akan berlangsung pada Juni 2018. Pengumuman resmi pasangan calon akan dilakukan pada 12 Februari 2018.

Selain itu, seperti dikutip Antara, Gus Rofik mengatakan KPU Kota Kediri juga menyiapkan untuk proses pencocokan dan penelitian pemilih di Kota Kediri. Selama proses tersebut, akan melibatkan 484 petugas pemutakhiran daftar pemilih (PPDP). (dhs/acs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KEDIRI

Kediri Anggarkan Rp4 Miliar untuk Kembangkan Hutan Kota

Published

on

Hutan kota Joyoboyo.

Jatimraya.com, Kediri – Pemerintah Kota Kediri mengalokasikan anggaran dana sekitar Rp4 miliar untuk melanjutkan pembangunan hutan kota Joyoboyo yang selanjutnya diharapkan bisa menjadi bagian paru-paru kota sekaligus tempat edukasi lingkungan.

“Untuk pembangunan tahap kedua ini, sementara lokasi hutan ditutup. Ada sekitar Rp3,25 miliar dari APBD serta Rp750 juta dari DAK untuk pencahayaan (lampu),” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Kediri Apip Permana di Kediri, Kamis (20/9/2018).

Pembangunan tahap kedua hutan kota, ia menjelaskan, dimulai sejak 21 Agustus dan ditargetkan selesai 23 Desember 2018. Pembangunan tahap kedua meliputi pengerjaan area bermain di bagian utara, serta teras pohon, balok titian, pergola, lorong. Selain itu ada rencana untuk membuat 10 patung ilustrasi Panji Asmorobangun.

“Nanti ada tempat untuk sarana menimba ilmu,” katanya.

“Kami ingin jadikan hutan kota ini sebagai paru-paru kota sekaligus tempat pelestarian hutan,” ia menambahkan.

Setelah pembangunan tahap pertama hutan kota selesai, animo warga mengunjungi tempat itu tinggi. Kawasan itu menjadi lokasi kegiatan warga dan pemerintah.

Demi menjaga kebersihan, pemerintah kota tidak mengizinkan para pedagang masuk ke lokasi hutan kota.

Warga yang hendak ke hutan kota itu juga tidak dibebani dengan tiket masuk. Pemerintah hanya ingin warga ikut merawat hutan kota, dengan menyimpan sampah di tempatnya.

Pembangunan Hutan Joyoboyo, yang luasnya sekitar 2,6 hektare, sudah dimulai sejak 2017. Anggarannya pada tahap pertama sebanyak Rp6,6 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Kediri. (des)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KEDIRI

Tim Jelajah Sepeda Nusantara Lintasi Kediri

Published

on

Tim Jelajah Sepeda Nusantara lintasi Kediri undefined.

Jatimraya.com, Kediri – Tim Jelajah Sepeda Nusantara yang menjadi bagian dari kampanye bersepeda sehat sekaligus promosi Asian Games dan Asian Para Games 2018 akan melintasi Kota Kediri.

“Kota Kediri sudah memiliki jalur sepeda dan punya kegiatan rutin olahraga sepeda, seperti `Kediri Night Ride`yang digelar satu bulan sekali. Kami berharap sepeda menjadi gaya hidup masyarakat, karena semakin sehat manusia akan semakin produktif,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar di Kediri, Jawa Timur, Rabu (1/8/2018).

Kota Kediri menjadi salah satu dari 70 kota/kabupaten yang akan dilintasi tim Jelajah Sepeda Nusantara. Kegiatan ini bagian dari kampanye bersepeda sehat dan promosi Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Untuk menyambut tim Jelajah Sepeda Nusantara, Pemkot Kediri juga akan menyelenggarakan sepeda santai Jelajah Sepeda Nusantara “Etape Harmoni Kediri” yang diagendakan pada pekan depan (12/8). Sejumlah jalur akan dilintasi dengan titik start dan finis di Taman Tirtoyoso Kota Kediri.

Etape Harmoni Kediri ini akan melintasi rute sepanjang 22 kilometer yang mencerminkan Kota Kediri sebagai kota yang harmonis dengan keunggulan toleransi antarumat beragama.

Dari rute yang akan dilintasi mengambarkan misi kampanye toleransi yang di antaranya akan melintasi Masjid Agung Kota Kediri, Kompleks Pecinan di Jalan Yos Sudarso, Gereja Merah, “landmark” kota, seperti jembatan lama brantas, Taman Sekartaji, kawasan lebak tumpang -Gunung Klothok, hingga Goa Selomangleng Kediri.

Dalam acara tersebut, ribuan pesepeda diharapkan bisa ambil bagian. Beragam hadiah juga sudah disiapkan bagi peserta. Bahkan, untuk “grand prize event” kegiatan ini ada hadiah lima paket umrah dan lima paket wisata nasional yang akan diundi pada 18 November 2018 di Bali sebagai titik finis Jelajah Sepeda Nusantara.

Ia berharap, acara Jelajah Sepeda Nusantara ini benar-benar mampu memberikan efek di tengah masyarakat sebagai bentuk kehadiran negara untuk mendorong warga hidup sehat dengan bersepeda.

“Apalagi pendaftaran peserta sepeda santai Jelajah Sepeda Nusantara ini panitia tidak memungut biaya apapun alias gratis,” katanya. (des/asm)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KEDIRI

KPU : 46 Surat Suara Ditemukan Rusak

Published

on

Komisioner KPU Kota Kediri, Wahyudi di Kediri.

Jatimraya.com, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan sebanyak 46 surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri, ditemukan rusak sehingga tidak dapat digunakan.

“Secara total selama dua hari pelipatan ada 46 surat suara yang rusak. Rata-rata karena sobek dan potongan surat suara yang tidak simetris,” kata Komisioner KPU Kota Kediri Wahyudi di Kediri, Rabu (30/5/2018).

Ia mengatakan, proses pelipatan suara memang sudah berlangsung selama tiga hari sejak Senin (28/5). Namun, untuk surat suara yang rusak baru diketahui selama dua hari yaitu Senin-Selasa (28-29/5). Seluruh surat suara yang rusak itu dikumpulkan menjadi satu.

“Seluruhnya dikumpulkan menjadi satu, nanti dibuatkan berita acara untuk dimintakan ganti ke percetakan,” katanya.

Ia menambahkan, jumlah surat suara untuk Pilkada Kota Kediri sekitar 204 ribu lembar. Dari jumlah tersebut yang sudah dilipat sekitar 90 ribu lembar. Selama proses pelipatan surat suara, KPU juga telah merekrut sebanyak 45 orang.

Ia menambahkan, proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Kota Kediri ini diharapkan bisa selesai pada Rabu hari ini. Untuk selanjutnya, proses pelipatan masih dilakukan untuk surat suara Pilkada Jatim.

“Kami harapkan secepatnya selesai untuk pelipatan surat suara Pilkada Kota Kediri. Setelahnya baru dilakukan proses pelipatan surat suara Pilkada Jatim, dan ini dimungkinkan lebih cepat, karena sudah setengah lipatan saat datang,” katanya.

Pihaknya juga memastikan, seluruh warga yang diperbantukan untuk pelipatan surat suara juga amanat. Sebelum masuk ke ruangan untuk pelipatan surat suara, mereka diperiksa guna mencegah dari membawa barang yang bisa merusak surat suara. Selama proses pelipatan mereka juga dijaga oleh petugas dari KPU Kota Kediri.

Selain pelipatan surat suara, KPU Kota Kediri juga telah melakukan simulasi untuk pemberian hak suara. Ada uji coba dimana petugas KPPS menyiapkan proses pemilihan kepala daerah mulai dari TPS, menyiapkan surat suara, pencoblosan hingga penghitungan surat suara.

Wahyudi mengatakan kegiatan simulasi ini penting dilakukan guna memberikan pemahaman pada seluruh PPK dan PPS untuk lebih memahami teknis kegiatan pilkada. Petugas-petugas tersebut nantinya akan memberikan pemahaman pada KPPS yang merupakan petugas di setiap TPS untuk proses pilkada.

“Ini tujuannya dalam rangka memberikan pembekalan pada PPK dan PPS yang akan menyiapkan bimbingan teknis pada KPPS. Kami berikan pemahaman kondisi riil TPS saat pilkada. Jadi, saat ikut bimtek bisa memahami,” kata Wahyudi.

Pilkada Kota Kediri diikuti tiga pasangan calon, yaitu Aizzudin – Sujono Teguh Widjaya, petahana Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, serta mantan wali Kota Kediri Samsul Ashar dengan pasangannya Teguh Juniadi. (des)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending