Connect with us

MADIUN

Harga Cabai Rawit di Madiun Meroket Hingga Rp70.000 per Kilogram

Published

on

Jatimraya.com, Madiun – Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Madiun, Jawa Timur, terus merangkak naik hingga mendekati angka Rp70.000 per kilogram.

“Harga cabai rawit terus naik. Kenaikannya cepat sekali. Sekarang sudah mencapai Rp69.000 per kilogram, bahkan ada yang menjual Rp70.000 per kilogram,” ujar Lestari, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Besar Madiun, Jumat (9/3/2018).

Menurut dia, kenaikan harga cabai rawit yang signifikan tersebut dipengaruhi berkurangnya pasokan komoditas itu dari sentra produksi. Kenaikan terjadi sejak bulan Januari seiring tingginya curah hujan saat musim hujan berlangsung.

Hujan yang masih sering terjadi membuat tanaman cabai di sentra produksi seperti Kediri banyak yang rusak, sedangkan kebutuhan konsumendi pasaran tetap tinggi.

Ia menjelaskan, kenaikan harga cabai terjadi bertahap. Mulai pada kisaran antara Rp29.000 hingga Rp32.000 per kilogram pada bulan Januari 2018. Kemudian naik menjadi Rp35.000 per kilogram hingga Rp45.000 per kilogram.

Kemudian akhir Februari 2018 harga cabai rawit mencapai Rp50.000 per kilogram. Terus naik hingga kisaran Rp60.000 hingga Rp63.000 per kilogram pada awal Maret dan sekarang Rp69.000 per kilogram.

Kondisi yang sama terjadi untuk cabai merah besar dan cabai keriting yang naik dari sebelumya Rp32.000 per kilogram menjadi Rp34.000/kg hingga Rp35.500 per kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono mengatakan harga cabai cenderung naik karena faktor cuaca yang memasuki musim hujan, sehingga banyak petani cabai terkendala dengan tingginya curah hujan.

“Selain itu, permintaan cenderung tinggi sehingga terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan,” kata Gaguk.

Pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga di pasar tradisional terhadap sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan. Meski terjadi kenaikan harga, ia menjamin stok di pasaran masih mencukupi kebutuhan konsumen.

Sementara harga bahan pokok di Kota Madiun secara umum stabil, bahkan harga beras sudah turun karena petani mulai memasuki masa panen.

Pantauan di Pasar Besar, Pasar Sleko, dan Pasar Sri Jaya Kota Madiun harga beras jenis IR 64 turun dari Rp11.500 menjadi Rp10.500 per kilogram. Demikian juga beras bengawan dan mentik turun dari Rp12.000/kg menjadi Rp11.500 per kilogram.

Harga gula pasir Rp11.000 per kilogram, minyak goreng curah stabil Rp11.000 per kilogram, daging sapi Rp110.000 per kilogram, daging ayam potong Rp30.000 per kilogram, dan telur ayam ras Rp20.500 per kilogram. (lrs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MADIUN

Tiga Mentri Tinjau Penyelesaian LRT di INKA

Published

on

Menteri Perhubungan, Budi Karya.

Jatimraya.com, Madiun – Tiga menteri dari Kabinet Kerja mengunjungi PT Industri Kereta Api (PT INKA) di Madiun, Jawa Timur, guna meninjau penyelesaian pembuatan “trainset” atau rangkaian LRT yang akan digunakan untuk Asian Games 2018 di Palembang.

Ketiga menteri tersebut adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Hasil tinjauan kami, INKA luar biasa dan bagus sekali. Saya yakin penyelesaian LRT tepat waktu,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya kepada wartawan di sela kunjungannya di PT INKA Madiun, Selasa (29/5/2018) sore.

Menurut dia, dari delapan trainset LRT yang disiapkan untuk Asian Games, saat ini sudah tiba dua unit di Palembang. Sisanya enam trainset LRT sedang dalam proses tahap akhir pengerjaan.

“LRT yang belum dikirim ke Palembang ada enam trainset lagi. Dikirim mulai sekarang dan paling lambat akhir Juni nanti,” kata Budi.

Pihaknya menargetkan pada 30 Juni 2018 seluruh trainset LRT harus sudah tiba di Palembang dan dapat digunakan.

Dalam tinjauan tersebut rombongan menteri melihat langsung pengerjaan akhir kereta LRT yang akan digunakan untuk Asian Games di Palembang.

Selain meninjau proses pengerjaan LRT, Budi beserta rombongan juga memberikan motivasi kepada jajaran karyawan PT INKA.

Budi menegaskan, pihaknya terus memberikan dukungan dan motivasi karena INKA saat ini sedang mengerjakan banyak pesanan pekerjaan. Diharapkan, INKA terus menjaga produknya tetap kompetitif.

“Kami harapkan ini bisa menjadi produk unggulan Indonesia. Kami mendukung dan juga memotivasi agar INKA terus melakukan upaya-upaya yang kompetitif yaitu murah, bagus, dan tepat waktu,” katanya. (rik)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

MADIUN

Kemenhub: 80 Persen Perlintasan KA Liar

Published

on

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Edi Nursalam.

Jatimraya.com, Madiun – Kementerian Perhubungan mencatat 80 persen dari 5.800 perlintasaan kereta api di seluruh Indonesia tergolong liar atau tidak terjaga sehingga rawan kecelakaan.

“Sesuai catatan dari 5.800 perlintasan KA yang ada di Indonesia, sebanyak 4.600 perlintasan di antaranya tidak terjaga, sedangkan sisanya sebanyak 1.200 perlintasaan atau sekitar 20 persennya telah terjaga,” ujar Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Edi Nursalam di Madiun, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id, Rabu (11/4/2018).

Untuk itu, pemerintah terus melakukan berbagai upaya agar kecelakaan yang melibatkan kereta di perlintasaan liar tidak terjadi dan terulang.

“Upaya tersebut di antaranya adalah dengan melakukan penutupan secara bertahap, yang diawali dari perlintasan yang kecil-kecil,” kata Edi.

Pada awal 2018, Kemenhub telah menutup 313 titik perlintasan tidak terjaga, sedangkan di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun pada awal 2018 sudah ada 49 perlintasan liar yang ditutup.

“Penutupan akan dilakukan secara bertahap. Sebelum Lebaran ini ditargetkan perlintasan liar yang kecil-kecil itu sudah kita tutup,” katanya.

Upaya lain untuk mencegah kecelakaan di perlintasan liar adalah larangan kendaraan-kendaraan besar untuk melintas.

“Sehingga, hanya kendaraan kecil yang boleh melintas. Saat ini sedang dilakukan koordinasi dengan pemda dan PT KAI. Juga nanti akan pasang patok,” katanya.

Ia menambahkan upaya-upaya itu diambil untuk menciptakan keselamatan perjalanan kereta api dan masyarakat pengguna jalan, terlebih sebentar lagi menghadapi masa angkutan Lebaran 2018 di mana intensitas perjalanan KA akan meningkat.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, Edi Nursalam, berkunjung ke Madiun mendampingi Dirut KAI Edi Sukmoro dalam rangka melakukan inspeksi lintasan KA sebagai persiapan masa angkutan Lebaran 2018.

Selain itu, dalam rangka penandatanganan prasasti untuk mengenang almarhum masinis Mustofa, korban meninggal dunia dalam kecelakaan KA Sancaka dengan truk trailer di perlintasan liar di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Ngawi, Jatim, pada 6 April 2018. (rik)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

MADIUN

INKA Mulai Kirim “LRT” ke Sumatera Selatan

Published

on

Light Rail Transit' (LRT) atau kereta ringan.

Jatimraya.com, Madiun – PT INKA (Persero) mulai mengirimkan “Light Rail Transit’ (LRT) atau kereta ringan ke Palembang Sumatera Selatan yang akan dioperasikan sebagai moda transportasi pendukung kegiatan Asian Games tahun 2018.

Senior Manager Secretary, Public Relations, and CSR PT INKA (Persero), Cholik Mochamad Zam Zam di Madiun, Selasa (10/4/2018) mengatakan, terdapat delapan “trainset” atau rangkaian akan dikirimkan secara bertahap, seperti dilansir Indonesiaraya.co.id.

“Mulai awal April ini akan dikirim sebanyak empat trainset. Saat ini baru dua trainset yang sudah terkirim dan akan menjalani uji dinamis di lintas,” ujarnya saat dihubungi.

Ia menjelaskan, LRT merupakan kereta yang tergolong teknologi baru di Indonesia. Kereta tersebut menggunakan motor listrik sebagai penggerak dan dilengkapi “third rail” sebagai sumber daya listrik serta menggunakan “material carbody” (badan kereta) berupa aluminium “double skin” atau ekstrusi.

Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta dengan susunan dua “motor car” atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai “trailer car”.

Dari sisi kenyamanan, selain “AC” (air conditioning), pada LRT ini juga dipasang kaca jendela dari jenis “safety glass” (tempered) dan dilaminasi anti-UV 60 persen sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung.

“Tingkat kandungan lokal atau dalam negeri dari produk LRT ini mencapai kurang lebih 45 persen,” ucapnya.

Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri.

LRT Palembang Sumatera Selatan akan digunakan sebagai moda transportasi pendukung Asian Games 2018.

LRT Sumsel tersebut akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan Sport City Jakabaring, yang akan digunakan sebagai arena untuk perhelatan Asian Games 2018, hingga Depo LRT yang berada di Ogan Permai Indah.

Cholik menambahkan, sebagai manufaktur sarana kereta api satu-satunya di Indonesia dan di Asia Tengggara, PT INKA (Persero) turut mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta – Palembang dengan menghadirkan moda transportasi, khususnya bagi para atlet dan masyarakat Sumatera Selatan pada umumnya.

Dari total pemesanan mencapai delapan “trainset” dengan 24 kereta, pengiriman akan dilakukan secara bertahap hingga terakhir Juni mendatang. (lrs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending