Connect with us

POLITIK

Risma Ceritakan Suka Duka Penerapan E-Procurement Surabaya

Published

on

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Jatimraya.com, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menceritakan suka duka pada saat awal pertama kali menerapkan program e-procurement atau sistem pengadaan barang dan jasa yang memanfaatkan teknologi informasi di Pemkot Surabaya, Jatim.

Tri Rismaharini di Surabaya, Jumat (7/9/2018), mengatakan pada saat dirinya masih menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Program sekitar 2002 ada pengalaman buruk yang sempat dialaminya bersama keluarga.

“Ada ancaman ataupun teror ketika saya hendak menerapkan program e-procurement,” katanya.

Namun, lanjut dia, berkat dukungan Profesor Richardus Eko Indrajit, program tersebut berhasil diterapkan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan nasional.

Richardus Eko Indrajit merupakan pakar teknologi lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Harvard University University of the City of Manyla, Maastricht School of Management, Leicester University, dan London School of Public Relations.

Selain itu, Richardus Eko Indrajit sempat ditunjuk Pemerintah Republik Indonesia untuk memimpin institusi pengawas internet Indonesia ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dan menjadi anggota aktif dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dewan Riset Nasional (DRN), dan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT).

Richardus juga ditunjuk Presiden Association of Higher Learning Institution in Computing and Information Technology Studies dimana ia memimpin lebih dari 700 universitas dan 1.500 program studi di seluruh Indonesia dan President of International Association of Software Architect.

“Dia (Richardus) adalah orang yang membantu dan menyelamatkan nyawa saya dan keluarga ketika menerima berbagai macam teror untuk menerapkan program e-procurement,” ujarnya.

Risma menjelaskan awal pembuatan program e-procurement sempat mengalami gejolak dan penolakan dari dalam tubuh Pemkot Surabaya. Namun, kata dia, berkat bantuan dan dukungan Prof Eko, program yang bertujuan untuk memutus rantai korupsi bisa diterapkan.

“Saat presentasi di Bandung dan Jakarta, dia selalu meyakinkan kepada seluruh peserta bahwa langkah program ini sudah benar hingga akhirnya bisa diterima di level nasional,” ujarnya. Menurut Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini, jika tidak menggunakan program e-procurement, Pemkot Surabaya akan mengalami kesulitan untuk mempercepat pembangunan. Mengingat dana yang diberikan sangat terbatas.

Meskipun dana yang didapat terbatas, Risma mengaku Surabaya bisa melakukan penghematan sekitar 20-25 persen melalui kompetisi yang ketat. Hasil penghematan ini, kata Risma, yang kemudian dimanfaatkan untuk membangun jalan dan saluran.

“Mungkin itu yang membuat pembangunan di Surabaya lebih cepat dibandingkan daerah-daerah lainnya,” katanya.

Profesor Richardus Eko Indrajit pada saat bersama Risma mengunjungi koridor lantai 3 gedung Siola, Surabaya, Kamis (6/9/2018) mengatakan dalam menciptakan suatu program pasti ada risiko gagal dan berhasil. Namun baginya, program e-procurement sudah berhasil diterapkan di Kota Pahlawan. Kesuksesan itu dapat dilihat ketika banyak kota dan negara datang ke Surabaya untuk belajar teknologi, kepemimpinan, terobosan, ide, inisiatif dan terpenting melibatkan warganya dalam membangun kota. “Kota yang benar-benar layak untuk ditinggali karena melibatkan warga dalam membangun kotanya,” katanya.

Ditanya soal perubahan gedung Siola dulu dan kini, Prof Eko mengaku terkejut karena dulunya dipakai sebagai pusat perbelanjaan kini disulap menjadi mal pelayanan publik.

Menurutnya, mal pelayanan publik Siola sangat bagus dan sukses. Hal itu bisa dilihat dari cara warga bergerak, saling menyapa dan tersenyum. “Kalau mau lihat baik buruknya pelayanan masyarakat bisa dilihat berapa jumlah orang yang tersenyum. Kalau perlu Surabaya buat program senyum orang,” katanya. Selama di gedung Siola, Risma mengajak Prof Eko dan rombongan melihat museum Surabaya, ruang command center room (CCR) 112 dan koridor coworking space. (adl)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

MALANG

Senam Dua Jari di Malang, Ibu-Ibu Histeris Lihat Sandiaga Uno

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat menggelar senam dua jari bersama warga Malang di Jalan Soekarno Hatta Malang, Rabu (5/12/2018).

Jatimraya.com, Malang – Usai sholat subuh di Mesjid Griya Shanta, Sandiaga Salahuddin Uno menggelar senam dua jari bersama warga Malang di Halaman Taman Krida, Jalan Soekarno Hatta Malang, Rabu (5/12/2018). Sandi bergerak lincah mengikuti instruktur senam. Ratusan peserta yang kebanyakan ibu-ibu ini, ikutan semangat bergerak ke kiri dan ke kanan.

Hanya satu menit para emak-emak ini bisa tertib di barisan. Entah siapa yang memulai mereka berebut curi – curi berswafoto dengan calon wakil presiden nomor urut 02 tersebut. Teriakan histeris dan telepon genggam adu ketinggian demi mendapatkan foto terbaik dari mantan wakil gubermur DKI tersebut.

BACA JUGA : WNI di Jepang Deklarasikan Relawan Prabowo-Sandi

“Ayo ibu-ibu semuanya senam dulu. Nanti ada waktu foto-foto bersama Bang Sandi. Ayo tertib kembali ke barisan. Ayo ibu-ibu,” kata pembawa acara. Pesan ini disampaikan berulang – ulang. Butuh waktu lima menit untuk meneteribkan ibu-ibu kembali ke barisan senam.

Sandi memberikan sambutan singkat setelah senam usai. “Saya mengajak warga untuk senam, biar semua sehat. Setiap kali kita berolahraga, zat endorfin mengalir ke semua tubuh. Zat ini yang membawa enerji positif. Kita harus ciptakan hal-hal yang positif, hingga membangkitkan semangat memulai hari,” terang Sandi.

Dalam kesempatan itu, mantan pengusaha ini juga menyatakan, bersama Prabowo Subianto akan menggerakkan ekonomi rakyat. Kebijakan ekonomi yang menciptakan dan menyediakan lapangan kerja serta membuat harga-harga kebutuhan bahan pokok terjangkau dan stabil.

“Kami akan punya kebijakan ekonomi yang menggerakkan ekonomi rakyat. Kami akan investasi pada pertanian rakyat, infrastuktur masyarakat pedesaan. Inilah sejatinya yang menggerakkan ekonomi nasional,” terang Sandi.

Usai senam, lagi Sandi menjadi incaran swafoto, mereka berebut bersalaman dan ingin melihat lebih dekat dengan cawapres ini. (ver)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

LAMONGAN

Sandiaga Uno Berpose di Sawah Desa Besur yang Instagramable

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat mengunjungi Sawah Desa Besur yang Instagramable untuk berfoto di Lamongan, Jawa Timur.

Jatimraya.com, Lamongan — Sandiaga Uno kagum pada pemandangan sawah di Desa Besur. Hamparan sawah yang tengah menguning ini, dipinggirmya penuh demgan bunga warna-warni. Kuou- kupu dan lebah lompat dari satu bunga ke bunga lainnya. Pintu masuknya beratap daun lebat labu madu. Buah labu madu yang bergantung menambah indah pintu masuk menuju tenpat wisata ini.

Sandi menggelar dialog di pondok tengah sawah bersama perwakilan dari sepuluh desa di kawasan tersebut. Menurut Sandi, tempat ini sudah seharusnya diabadikan dan dipromosikan untuk meningkatkan pendapatan daerah sekaligus mensejahterakan masyarakat di sekitar Besur.

BACA JUGA : Resmikan Roemah Djoeang di Lamongan, Sandiaga Uno Janjikan Kesejahteraan Emak-Emak

“Senang saya dialog di tempat ini. Indah, sawah dan hamparan bunga warna-warni, sedap dipandang mata,” jelas Sandi. Sandi pun mencari tenpat yang pas untuk berfoto. “Kalau sepanjang sawah ini dipinggirnya di kasih bunga seperti ini, pasti pemandangannya akan indah. Memanjakan mata,” lanjutnya.

Dalam kesempatan berdialog dengan para perwakilan desa, Samdi menegaskan kembali komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan fokus pada peraturan ekonomi yang berpihak kepada rakyat, penciptaan lapangan kerja dan harga-harga yang stabil serta terjangkau. (fik)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

LAMONGAN

Resmikan Roemah Djoeang di Lamongan, Sandiaga Uno Janjikan Kesejahteraan Emak-Emak

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat peresmian Roemah Djoeang di Lamongan Jawa Timur, Selasa (4/2/2018).

Jatimraya.com, Lamongan – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno lagi-lagi menjadi tempat curhat emak -emak dari harga-harga kebutuhan bahan pokok yang melambung tinggi juga soal pendapatan yang terus menurun. Saat peresmian Roemah Djoeang di Lamongan Jawa Timur, Selasa (4/2/2018),  Ibu Ida bertanya apa yang akan dilakukan mantan wakil gubernur DKI ini jika terpilih  sebagai cawapres kepada emak-emak. 

“Apa yang bapak bakal lakukan jika terpilih oada emak-emak? Dan kenapa Bang Sandi cinta pada emak-emak,” tanya Ida. 

BACA JUGA : Prabowo-Sandi Janji Tak Impor saat Petani Panen

“Bu Ida, In Shaa Allah jika Prabowo Sandi terpilih dan  mendapatkan amanat dari masyarakat Indonesia, kami akan Mensejahterakan kaum ibu-ibu. Ya kesejahteraannya, pendapatannya, penciptaan dan peluang mendapatkan lapangan kerja buat keluarga di Indonesia.  Perempuan Indonesia adalah perempuan hebat, perempuan mandiri. Di sini ibu-ibunya semua hebat karena juga usaha aneka  cemilan, jualan ke pasar, jual makanan online da rias pengantin. Semua akan kami mudahkan,” terang Sandi. 

Menurut Sandi dia menyerap aspirasi untuk mendapatkan masukan langsung dari masyarakat. Karena pemimpin yang  baik itu harus lebih banyak mendengar jangan hanya janji-janji saja.

“Allah sudah menulis akan mencabut dan memberikan kekuasaan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Jadi semuanya sudah tertulis di Lauhul Mahfudz. Jadi nggak usah khawatir. Jika Allah berkehendak apapun jadi. Saya hanya ikhtiar, terus menyapa dan menyerap aspirasi ke seluruh Indonesia. Mendengarkan menjadi modal untuk memperbaiki kesejahteraan melalui deregulasi ekonomi yang berpihak kepada rakyat,” papar Sandi. 

Pak Muzadi lain lagi dia meminta kalau bisa OK OCE juga  diterapkan di Lamongan dan seluruh Indonesia. “Kalau bisa pak, OK OCE segera dilbikin di Lamongan, sekalian seluruh Indonesia Pak,” harap Muzadi. 

“Akan kita ciptakan gerakan yang kolaboratif dan partisipatif dari masyarakat yakni  OK OCE. Gerakan ekonomi yang datang dari, oleh dan untuk masyarakat. Dari sekarang juga, kita bersama-sama menjemput perubahan ekonomi di negeri ini. 2019 harus ada pemerintahan yang kuat dan fokus pada masalah ekonomi, khususnya pada penyediaan dan penciptaan lapangan kerja serta harga-harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau,” tutup Sandi. (yug)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending