Connect with us

SEKTOR RIIL

Pertamina Menjamin Pasokan BBM Aman saat Pemilu 2019

Published

on

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di seluruh wilayah Indonesia menjelang maupun usai Pemilihan Umum 2019 aman.

Jatimraya.com, Surabaya – PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di seluruh wilayah Indonesia menjelang maupun usai Pemilihan Umum 2019 aman.

“Kami memastikan keamanan stok dan suplai BBM serta elpiji sehingga mendukung kelancaran Pemilu yang aman dan damai sesuai harapan bersama,” kata Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Koeshartanto ketika ditemui usai apel siaga kesiapan pengamanan distribusi BBM dan elpiji di Terminal BBM Surabaya Group di Jalan Perak Barat, Kamis (11/4/2019).

Apel siaga digelar untuk mengantisipasi gangguan terhadap sarana dan fasilitas Pertamina mulai kegiatan hulu, produksi di kilang, dan distribusi ke masyarakat.

Tidak hanya di Surabaya, apel siaga dilaksanakan serentak di seluruh lokasi TBBM, kilang dan unit operasi hulu Pertamina se-Indonesia.

Sebagai langkah konkret jaminan keamanan dan pasokan, Pertamina telah membentuk satuan tugas Pemilu sejak 18 Februari 2019 yang pada 11 hingga 22 April bekerja 24 jam, bahkan pimpinannya wajib “on call” dan tak diperbolehkan libur.

Dalam pengamanan, kata dia, Pertamina telah melakukan kesepakatan, termasuk menandatangani nota kesepakatan dengan TNI dan Polri untuk memastikan keamanan di seluruh sarana dan fasilitas operasi yang merupakan objek vital nasional.

Satgas Pemilu melibatkan Kantor Pusat, Unit Bisnis, Unit Operasi dan Anak Perusahaan di seluruh Indonesia.

“Satgas ini merupakan yang pertama kali karena pelaksanaan Pemilu serentak dan gabungan juga baru pertama kali dalam sejarah Indonesia, sekaligus memastikan kebutuhan energi selama Pemilu hingga rekapitulasi penghitungan suara terpenuhi dengan baik,” katanya.

Sementara itu, terkait stok, Pertamina memastikan tidak ada masalah, di antaranya stok di Terminal BBM Surabaya Group yang melayani pasokan ke seluruh Jatim bisa memenuhi kebutuhan BBM hingga 11 hari ke depan.

“Tapi bukan berarti setelah hari ke-11 tidak aman. Suplai BBM ke terminal terus dilakukan dan setelah 11 hari serta seterusnya tetap tak ada masalah,” kata Koeshartanto.

Berikutnya, tentang konsumsi normal harian BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite serta Pertamina Dex berada pada kisaran volume 20.290 kiloliter per hari.

Namun, saat hari H Pemilu, konsumsi diprediksi mengalami kenaikan karena saat hari H pencoblosan merupakan hari libur dan mendekati akhir pekan.

Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma`ruf Amin dengan nomor urut 01, serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan nomor urut 02. (fiq)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SEKTOR RIIL

Tiga Keuntungan Berinvestasi di Nuvasa Bay

Published

on

Sinar Mas Land terus melakukan upaya pengembangan proyek Nuvasa Bay seluas 228 hektar menjadi kota mandiri terbesar dan terlengkap di Batam.

Jatimraya.com, Jakarta – Sebagai developer terbesar di Indonesia, Sinar Mas Land terus melakukan upaya pengembangan proyek Nuvasa Bay seluas 228 hektar menjadi kota mandiri terbesar dan terlengkap di Batam. Dengan perencanaan yang matang, Nuvasa Bay Batam akan memberikan tiga keuntungan bagi para investornya.

Margiman, Division Head Batam & Karawang Sinarmas Land menjelaskan bahwa keuntungan pertama berinvestasi di Nuvasa Bay adalah keuntungan modal atau capital gain dari kenaikan nilai propertinya. Salah satu potensi keuntungan ini dilihat dari strategisnya lokasi Nuvasa Bay di area Nongsa, yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dari Singapura melalui Terminal Feri Nongsa Pura, 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim, dan kedepannya hanya 15 menit menuju Nuvasa Bay dari Batam Center melalui jembatan outer ring road.

“Keuntungan kedua yang diperoleh adalah Nuvasa Bay sebagai rumah untuk berlibur (holiday home) bagi keluarga. Nuvasa Bay memiliki garis pantai sepanjang 1,2 km dan menawarkan beragam aktivitas yang memberikan pengalaman berbeda bagi pemilik properti disana. Pemandangan alam yang luar biasa indah menghadap birunya pantai Nongsa, dan hijaunya lapangan golf Palm Springs, serta wahana permainan keluarga Seaforest Adventure, menjadikan Nuvasa Bay sebagai tempat ideal untuk berlibur bersama keluarga,” jelas Margiman.

Menurutnya, hunian The Nove Batam merupakan klaster pertama Nuvasa Bay yang menawarkan beragam fasilitas untuk dapat dinikmati oleh para pemiliknya, seperti kolam renang, gym, sky garden, jogging track, taman, dan banyak fasilitas lainnya.

“Para pemilik unit juga bisa menikmati keindahan pantai dengan pemandangan yang langsung mengarah ke Singapura, berolahraga di Palm Springs Golf, atau menikmati aktivitas seru di Sea Forest Adventure bersama keluarga,” ungkapnya.

Potensi besar lain dari memiliki properti Nuvasa Bay Batam adalah peluang untuk menyewakan properti kepada wisatawan. “Nongsa saat ini merupakan area destinasi pariwisata unggulan di Batam yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga resort bernuansa alam menjadi keunggulan yang bisa ditonjolkan di sini. Dinas Pariwisata Kota Batam pun terus memberikan dukungannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nongsa. Ke depannya, tak bisa dipungkiri potensi Nongsa akan semakin terlihat,” papar Margiman.

“Terlebih Nuvasa Bay saat ini memiliki salah satu lapangan golf terbaik di Batam, Palm Springs Golf. Dengan pemain yang datang dari berbagai negara, maka kebutuhan akan penginapan akan semakin meningkat, dan ini menjadi kesempatan yang potensial bagi pemilik unit The Nove untuk menyewakan hunian mereka,” lanjutnya.

Selain sebagai destinasi pariwisata, area Nongsa juga akan dikembangkan sebagai kawasan pengembangan ekonomi digital, khususnya start-up, sehingga akan menarik banyak tenaga kerja.

“Satu hal lagi, bahwa potensi sewa properti di Nuvasa Bay sangat tinggi. Selain karena banyaknya pemain asing yang main di lapangan golf Palm Springs yang membutuhkan tempat menginap, saat ini juga Nongsa menjadi pusat pengembangan ekonomi digital di Batam. Para pekerja digital ini tentu membutuhkan hunian yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, dan The Nove @ Nuvasa Bay adalah pilihan yang tepat,” tutup Margiman. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Palm Is Not My ID : Kami akan Tingkatkan Semangat Perjuangan Menentang Industri Kelapa Sawit

Published

on

Sejumlah aktivis dari PinmID saat menggelar aksi protes mengenai industri minyak kelapa sawit yang merusak lingkungan.

Jatimraya.com, London – Saat ini, Indonesia adalah negara yang memproduksi kelapa sawit terbesar di dunia. Dalam perjalanan menuju pencapaian titel tersebut, Palm Is Not My ID (PinmID) mencatat lebih dari sembilan juta hektar hutan hujan telah ditebang. “Penebangan hutan tropis ini bukan hanya mengancam kepunahan habitat alami satwa liar, tetapi juga tanah leluhur dan tempat penghidupan masyarakat lokal,” tulis Palm Is Not My ID (PinmID) dalam siaran persnya.

PinmID percaya bahwa perampasan tanah merupakan hal yang biasa ketika perusahaan minyak kelapa sawit dengan rakus mengambil hak tanah dari penduduk desa yang tidak berpendidikan. Lebih buruk lagi, perusahaan-perusahaan itu secara ilegal mengosongkan lahan mereka dengan teknik tebang-dan-bakar yang kemudian menghasilkan kabut asap dan memperburuk kualitas udara bagi masyarakat di wilayah tersebut.

PinmID juga menyatakan daftar korban dalam industri ini tidak ada habisnya: penduduk desa, anak-anak, lingkungan, orangutan, gajah, badak dan banyak lagi. Sementara, menurut PinmID, para oknum pejabat meraih keuntungan tak pantas yang terus meningkat dari ekspor minyak kelapa sawit.

Bulan Juli, para aktivis dari PinmID telah merambah ranah internasional dan memprotes industri minyak kelapa sawit di Phuket dan London. Pada 22 Juli, para aktivis PinmID, melakukan protes di Simposium Kerjasama Penerbangan Global ICAO (GACS) Ketiga yang diadakan di Phuket, Thailand. Protes ini ditujukan pada rencana ICAO untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan penggunaan minyak kelapa sawit dalam biofuel penerbangan menjadi 285 juta ton pada tahun 2050.

Pada 29 Juli, aktivis PinmID bekerja sama dengan aktivis hak-hak hewan juga melakukan protes terhadap deforestasi dan konsekuensi kepunahan orangutan di luar kantor Kedutaan Indonesia di London.

Aktivis PinmID bertekad akan terus aktif memprotes industri minyak sawit Indonesia dan telah melakukan aksi protes pada 17 Agustus dan dalam acara Animal Rights March di London pada 19 Agustus untuk peringatan Hari Orangutan Internasional di depan kantor Kedutaan Besar Indonesia di London. (tim)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Mentan-Gubernur Jatim Operasi Pasar Bawang Putih di Sidoarjo

Published

on

Mentan-Gubernur Jatim Operasi Pasar Bawang Putih di Sidoarjo

Jatimraya.com, Jakarta – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Sulaiman bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pada Rabu (22/5/2019), melakukan inspeksi mendadak ke pasar Porong Kabupat​​en Si​​doarjo guna mengecek stok dan harga pangan sekaligus menggelar operasi pasar (OP) bawang putih.

Amran menyebutkan dari hasil peninjauan pasar ini, stok pangan mencukupi kebutuhan hingga Lebaran dan harganya pun stabil. Harga bawang putih yang sempat menempati Rp50.000 per kg, kini turun Rp23.000 per kg di tingkat pengecer dan Rp18.000 per kg di tingkat grosir. Kemudian harga beras di tingkat pengecer Rp8.600 per kg dan harga cabai hanya Rp5.000 per kg karena berlebihnya pasokan.

“Hari ini kami lihat pasar bersama Ibu Gubernur, harga pangan sudah stabil, bahkan harga cabai dan beras di bawah HPP. Harga beras pun di tingkat petani di bawah Rp 8.000 per kg, sehingga kami minta Bulog tingkatkan serapannya,” kata Amran melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam operasi pasar ini, bawang putih yang digelontorkan sebanyak 15 ton yang dijual dengan harga Rp18.000 ribu per kg. Ada pun harga di pasaran mencapai Rp23.000 per kg.

Terkait harga cabai, Amran meminta Bulog untuk turut menyerap sehingga harga minimalnya Rp8.000 per kg, bahkan impor cabai kering dihentikan. Dengan demikian, petani dapat menikmati keuntungan dan terus bergairah untuk menanam cabai.

Ia mengatakan anjloknya harga cabai di kisaran Rp5.000 per kg ini disebabkan karena berlebihnya pasokan. Luas tanam cabai biasanya hanya 2.700 ha, tapi kini ada 5.000 ha sehingga produksi melimpah.

Oleh karena itu, agar harga cabai menguntungkan petani, pemerintah meminta para pelaku usaha yang menggunakan bahan baku cabai, untuk tidak memakai cabai kering impor.

Amran menyebutkan dalam perkembangan harga pangan saat ini, harga bawang putih berada di bawah target yakni Rp23.000 per kg, sedangkan sebelumnya ditargetkan turun Rp25.000 per kg. Bahkan, harga bawang putih yang dijual BUMD Puspa Agro milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur hanya Rp18.000 per kg.

“Ini terjadi karena kami memberikan ruang kepada BUMD melakukan impor langsung, sehingga bisa menstabilkan harga di daerah masing-masing. Jadi tidak perlu ke Jakarta dulu, baru ke Jawa Timur,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan stok bahan pangan menjelang dan hingga Lebaran sangat aman, baik itu beras, gula, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih dan komoditas lainnya.

“Tadi pagi saya ke salah satu pasar di Madiun yang menjadi titik pantau BPS. Ada 25 pasar dari 8 kabupaten-kota yang menjadi titik pantau BPS. Kami secara rutin melakukan monitoring, jadi bahan pangan pokok kita aman sampai selesai Lebaran,” kata Khofifah.

Ada pun harga komoditas pangan di pasar Porong Kabupaten Sidoarjo, seperti beras medium Rp8.600 per kg, daging ayam Rp32.000 ribu per kg, telur ayam Rp19.000 per kg, gula pasir Rp12.000 per kg, cabai merah keriting Rp25.000 per kg, cabai merah biasa Rp28.000 per kg, cabai rawit hijau Rp18.000 per kg, cabai rawit Rp5.000 per kg dan bawang merah Rp21.000 per kg. (mdg)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending