Connect with us

SEKTOR RIIL

Mentan-Gubernur Jatim Operasi Pasar Bawang Putih di Sidoarjo

Published

on

Mentan-Gubernur Jatim Operasi Pasar Bawang Putih di Sidoarjo

Jatimraya.com, Jakarta – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Sulaiman bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pada Rabu (22/5/2019), melakukan inspeksi mendadak ke pasar Porong Kabupat​​en Si​​doarjo guna mengecek stok dan harga pangan sekaligus menggelar operasi pasar (OP) bawang putih.

Amran menyebutkan dari hasil peninjauan pasar ini, stok pangan mencukupi kebutuhan hingga Lebaran dan harganya pun stabil. Harga bawang putih yang sempat menempati Rp50.000 per kg, kini turun Rp23.000 per kg di tingkat pengecer dan Rp18.000 per kg di tingkat grosir. Kemudian harga beras di tingkat pengecer Rp8.600 per kg dan harga cabai hanya Rp5.000 per kg karena berlebihnya pasokan.

“Hari ini kami lihat pasar bersama Ibu Gubernur, harga pangan sudah stabil, bahkan harga cabai dan beras di bawah HPP. Harga beras pun di tingkat petani di bawah Rp 8.000 per kg, sehingga kami minta Bulog tingkatkan serapannya,” kata Amran melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam operasi pasar ini, bawang putih yang digelontorkan sebanyak 15 ton yang dijual dengan harga Rp18.000 ribu per kg. Ada pun harga di pasaran mencapai Rp23.000 per kg.

Terkait harga cabai, Amran meminta Bulog untuk turut menyerap sehingga harga minimalnya Rp8.000 per kg, bahkan impor cabai kering dihentikan. Dengan demikian, petani dapat menikmati keuntungan dan terus bergairah untuk menanam cabai.

Ia mengatakan anjloknya harga cabai di kisaran Rp5.000 per kg ini disebabkan karena berlebihnya pasokan. Luas tanam cabai biasanya hanya 2.700 ha, tapi kini ada 5.000 ha sehingga produksi melimpah.

Oleh karena itu, agar harga cabai menguntungkan petani, pemerintah meminta para pelaku usaha yang menggunakan bahan baku cabai, untuk tidak memakai cabai kering impor.

Amran menyebutkan dalam perkembangan harga pangan saat ini, harga bawang putih berada di bawah target yakni Rp23.000 per kg, sedangkan sebelumnya ditargetkan turun Rp25.000 per kg. Bahkan, harga bawang putih yang dijual BUMD Puspa Agro milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur hanya Rp18.000 per kg.

“Ini terjadi karena kami memberikan ruang kepada BUMD melakukan impor langsung, sehingga bisa menstabilkan harga di daerah masing-masing. Jadi tidak perlu ke Jakarta dulu, baru ke Jawa Timur,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan stok bahan pangan menjelang dan hingga Lebaran sangat aman, baik itu beras, gula, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih dan komoditas lainnya.

“Tadi pagi saya ke salah satu pasar di Madiun yang menjadi titik pantau BPS. Ada 25 pasar dari 8 kabupaten-kota yang menjadi titik pantau BPS. Kami secara rutin melakukan monitoring, jadi bahan pangan pokok kita aman sampai selesai Lebaran,” kata Khofifah.

Ada pun harga komoditas pangan di pasar Porong Kabupaten Sidoarjo, seperti beras medium Rp8.600 per kg, daging ayam Rp32.000 ribu per kg, telur ayam Rp19.000 per kg, gula pasir Rp12.000 per kg, cabai merah keriting Rp25.000 per kg, cabai merah biasa Rp28.000 per kg, cabai rawit hijau Rp18.000 per kg, cabai rawit Rp5.000 per kg dan bawang merah Rp21.000 per kg. (mdg)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SEKTOR RIIL

BP Ekspansi Buka SPBU di Surabaya

Published

on

Ekspansi dengan membuka pelayanan SPBU di Surabaya, Jawa Timur, di mana joint-venture ini akan membangun 350 unit SPBU di Indonesia selama satu dekade ke depan.

Jatimraya.com, Jakarta – Perusahaan migas multinasional, BP bersama dengan mitra joint-venture (perusahaan patungan) AKR, melakukan ekspansi dengan membuka pelayanan SPBU di Surabaya, Jawa Timur, di mana joint-venture ini akan membangun 350 unit SPBU di Indonesia selama satu dekade ke depan.

Vice President BP Downstream, Neale Smither, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (2/5/2019), mengatakan, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan regional dan pihaknya bangga bisa memasuki pasar ini bersama AKR sebagai mitra mereka.

“BP terkenal di seluruh dunia karena bahan bakar kami yang berkualitas tinggi, pelumas Castrol, dan kenyamanan luar biasa yang kami tawarkan. Kami senang dapat memberikan lebih banyak pilihan bahan bakar berkualitas, serta pelayanan nomor satu khas BP kepada konsumen kami di Indonesia,” kata Neale.

BP juga bermitra dengan sejumlah bisnis lokal terkenal seperti Alfamart, Castrol Bike Point yang dioperasikan oleh SiTepat, dan Martabak Orins untuk menawarkan kenyamanan bagi konsumen di Indonesia.

Selain itu, BP juga baru saja bergabung dengan program Ponta, sebuah program loyalitas multimitra di mana konsumen dapat memperoleh dan menebus poin di berbagai outlet ritel.

Sementara itu, Haryanto Adikoesoemo selaku Presiden Direktur AKR mengatakan bagi AKR, kemitraan dengan BP memperkuat komitmen jangka panjang untuk industri dan Indonesia.

“Ini adalah salah satu tonggak sejarah kami dan kami bangga dapat bermitra dengan BP. Dengan kesempatan ini, baik BP dan AKR bermaksud untuk mengembangkan dan menawarkan pengalaman yang berbeda kepada konsumen Indonesia dengan memanfaatkan kemampuan dan keahlian yang telah terbukti dari BP dan AKR di Indonesia,” kata Haryanto.

SPBU BP akan dioperasikan oleh PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail), sebuah perusahaan baru yang didirikan oleh joint-venture dari BP dan AKR. BP-AKR juga sedang memperluas jaringan ritelnya melalui jalur dealer dan siap memberikan penawaran bagi mitra-mitra potensial. (asn)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Pertamina Menjamin Pasokan BBM Aman saat Pemilu 2019

Published

on

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di seluruh wilayah Indonesia menjelang maupun usai Pemilihan Umum 2019 aman.

Jatimraya.com, Surabaya – PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di seluruh wilayah Indonesia menjelang maupun usai Pemilihan Umum 2019 aman.

“Kami memastikan keamanan stok dan suplai BBM serta elpiji sehingga mendukung kelancaran Pemilu yang aman dan damai sesuai harapan bersama,” kata Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Koeshartanto ketika ditemui usai apel siaga kesiapan pengamanan distribusi BBM dan elpiji di Terminal BBM Surabaya Group di Jalan Perak Barat, Kamis (11/4/2019).

Apel siaga digelar untuk mengantisipasi gangguan terhadap sarana dan fasilitas Pertamina mulai kegiatan hulu, produksi di kilang, dan distribusi ke masyarakat.

Tidak hanya di Surabaya, apel siaga dilaksanakan serentak di seluruh lokasi TBBM, kilang dan unit operasi hulu Pertamina se-Indonesia.

Sebagai langkah konkret jaminan keamanan dan pasokan, Pertamina telah membentuk satuan tugas Pemilu sejak 18 Februari 2019 yang pada 11 hingga 22 April bekerja 24 jam, bahkan pimpinannya wajib “on call” dan tak diperbolehkan libur.

Dalam pengamanan, kata dia, Pertamina telah melakukan kesepakatan, termasuk menandatangani nota kesepakatan dengan TNI dan Polri untuk memastikan keamanan di seluruh sarana dan fasilitas operasi yang merupakan objek vital nasional.

Satgas Pemilu melibatkan Kantor Pusat, Unit Bisnis, Unit Operasi dan Anak Perusahaan di seluruh Indonesia.

“Satgas ini merupakan yang pertama kali karena pelaksanaan Pemilu serentak dan gabungan juga baru pertama kali dalam sejarah Indonesia, sekaligus memastikan kebutuhan energi selama Pemilu hingga rekapitulasi penghitungan suara terpenuhi dengan baik,” katanya.

Sementara itu, terkait stok, Pertamina memastikan tidak ada masalah, di antaranya stok di Terminal BBM Surabaya Group yang melayani pasokan ke seluruh Jatim bisa memenuhi kebutuhan BBM hingga 11 hari ke depan.

“Tapi bukan berarti setelah hari ke-11 tidak aman. Suplai BBM ke terminal terus dilakukan dan setelah 11 hari serta seterusnya tetap tak ada masalah,” kata Koeshartanto.

Berikutnya, tentang konsumsi normal harian BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite serta Pertamina Dex berada pada kisaran volume 20.290 kiloliter per hari.

Namun, saat hari H Pemilu, konsumsi diprediksi mengalami kenaikan karena saat hari H pencoblosan merupakan hari libur dan mendekati akhir pekan.

Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma`ruf Amin dengan nomor urut 01, serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan nomor urut 02. (fiq)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JEMBER

Peternak Jember Dapat Penghargaan Kementan karena Ekspor Domba

Published

on

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Indah Dwi Budi Artini dan Kabid Peternakan Hanifah bertemu Bupati Jember Faida di pendapa Wahyawibawagraha Jember, Senin (8/4/2019).

Jatimraya.com, Jember – Tiga peternak asal Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian karena telah mengekspor ribuan domba ke Malaysia sejak 2017 dan penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Makasar, 10 April 2019.

Tiga peternak yang berprestasi melakukan ekspor komoditas domba yakni Agus Sholehul Huda, Shafiya Rifqi, dan Edi Susilo didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Indah Dwi Budi Artini dan Kabid Peternakan Hanifah bertemu Bupati Jember Faida di pendapa Wahyawibawagraha Jember, Senin (8/4/2019).

“Ekspor domba ke Malaysia itu sebagai salah satu usaha peternak untuk mendapatkan harga yang lebih baik atau nilai jual yang tinggi,” kata Ketua Asosiasi Ekspor Domba Jember Agus Sholehul Huda di Jember.

Menurutnya, harga domba yang cukup murah di pasar lokal pada 2016 hingga 2017 yakni tiga ekor domba dihargai sebesar Rp1 juta, mendorong para peternak untuk belajar melakukan ekspor domba ke Malaysia dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan pasar lokal.

“Proses untuk mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian tersebut cukup lama diawali pada 2017, kemudian dilakukan verifikasi pada 2018 dan alhamdulillah penghargaan itu dapat diraih pada tahun ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan jumlah ekspor domba ke Malaysia sebanyak 6.000 ekor pada 2018 dan target ekspor domba pada 2019 mencapai 10.000 ekor, namun yang menjadi kendala yakni ketersediaan bibit domba, sehingga ke depan ada peternak yang difokuskan untuk pembibitan domba.

“Sebenarnya respon pasar Malaysia cukup bagus, namun kami juga sempat kewalahan untuk melayani permintaan ekspor dan harga domba saat ini juga cukup bagus di pasaran lokal yakni kisaran Rp1 juta per ekor,” katanya.

Sementara itu, Bupati Jember Faida mengapresiasi usaha yang dilakukan tiga peternak Jember yang melakukan ekspor ke Malaysia, sehingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian.

“Saya bangga kepada mereka karena para peternak itu memperoleh keberhasilan dengan mencari pasar sendiri untuk meningkatkan nilai jual ternak domba, kalau jumlahnya besar, maka nilai tawarnya juga besar,” kata Faida.

Pada 2018, lanjut dia, para peternak berhasil mengekspor 6.000 domba dengan harga yang memuaskan dan keberhasilan itu juga diterapkan kepada peternak pemula dengan mendapatkan pendampingan pembiayaan dari Dinas Peternakan Jember.

Ia berharap pasar ekspor para peternak Jember menjadi lebih luas lagi pada 2019 dengan jumlah ekspor domba yang lebih banyak dan di sisi lain, stabilitas harga domba di dalam negeri juga diharapkan stabil. (zum)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending