Connect with us

SURABAYA

Polda Jatim Amankan Polwan Terindikasi Radikalisme di Juanda

Published

on

abid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Jatimraya.com, Surabaya – Kepolisian Daerah Jawa Timur mengamankan seorang perempuan berinisial NOS yang merupakan anggota polisi wanita (polwan) karena diduga terindikasi radikalisme di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

“Iya benar, seorang anggota polisi,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Minggu malam (26/5/2019).

Berdasarkan data yang didapatkan, NOS berpangkat bintara dan masih aktif di Direktorat Reserse Kriminal Umum (ditreskrimum) Polda Maluku Utara dengan masa jabatan sudah empat tahun lebih atau terhitung sejak 16 Februari 2015.

Barung menambahkan, penangkapan perempuan terduga terpapar paham radikal ini karena adanya kerja sama antara Polda Jatim dengan Polda Malut.

“Iya itu bekerja sama dengan polsek kemudian diberikan ke Polda Jatim dan Polda Malut,” ucap perwira menengah tersebut.

Saat ini, kata dia, terduga masih berada di Markas Polda Jatim dan rencananya langsung ditangani oleh Polda Malut untuk proses penyidikannya.

“Yang bersangkutan sedang diamankan di Polda Jatim, dan sekarang anggota Polda Malut sedang perjalanan menjemputnya,” katanya. (fiq)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SURABAYA

Petrokimia Gresik Panen Jeruk Hasil Inovasi Pupuk NPK Petro Nitrat

Published

on

Petrokimia Gresik (PG) melakukan panen bersama budi daya jeruk siam madu hasil inovasi pupuk NPK Petro Nitra.

Jatimraya.com, Surabaya – PT Petrokimia Gresik (PG) melakukan panen bersama budi daya jeruk siam madu hasil inovasi pupuk NPK Petro Nitrat, yang merupakan bagian dari solusi agroindustri untuk meningkatkan hasil pertanian di Indonesia.

Direktur Pemasaran (Dirsar) PG, Meinu Sadariyo dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Kamis (12/9/2019), mengatakan panen jeruk yang dilakukan di Desa Kubu Colia, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara merupakan sarana perusahaan untuk memperkenalkan produk inovasi pupuk NPK Petro Nitrat kepada petani.

“Produk ini telah kami uji demplot (demonstration plot) di berbagai lokasi di Indonesia, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak independen, khususnya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di beberapa provinsi. Hasilnya, ada peningkatan hasil panen secara nyata pada tanaman,” katanya.

Khusus untuk panen jeruk di Kabupaten Karo, kata dia, merupakan hasil kerja sama Petrokimia Gresik dengan BPTP Provinsi Sumatera Utara, dengan penerapan menggunakan aplikasi NPK Petro Nitrat sebanyak 115 kilogram (kg) untuk tiap hektare (ha), kemudian pupuk ZK sebanyak 7 kg per hektare dan Petroganik seberat 414 kg per hektare.

“Penerapan aplikasi ini mampu meningkatkan hasil panen jeruk hingga sebesar 60 kg per pohon dalam setahun dibandingkan dengan hasil kebiasaan petani,” katanya.

Dengan adanya bukti keberhasilan panen ini, Meinu berharap agar petani di wilayah Kabupaten Karo menduplikasi teknologi pemupukan berimbang Petrokimia Gresik, sehingga mendapat hasil panen yang melimpah.

Kabupaten Karo merupakan salah satu sentra hortikultura di Sumatera Utara, dengan kondisi alam yang subur menjadikan wilayah ini sangat cocok untuk berbagai komoditas pertanian hortikultura.

Sementara itu, dipilihnya Kabupaten Karo sebagai lokasi demplot pupuk NPK Petro Nitrat adalah bentuk kepedulian perseroan untuk pembangunan pertanian di Kabupaten Karo.

“Kami akan terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk yang dibutuhkan petani, mulai dari menciptakan pupuk organik yang bermanfaat dalam kesuburan tanah (Petroganik), pupuk anorganik berkualitas tinggi (Pupuk Phonska Plus), serta menciptakan varietas benih unggul, penyeimbang pH tanah (Kaptan), bio dekomposer (Gladiator Cair), pupuk hayati dan lain sebagainya,” katanya. (ami)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SURABAYA

Gubernur Jatim Instruksikan Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Published

on

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa

Jatimraya.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menginstruksikan seluruh instansi pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang sebagai wujud duka cita atas wafatnya Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, pada pukul 18.05 WIB, Rabu.

“Kami instruksikan untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut mulai besok,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (11/9/2019) malam.

BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Pavilyun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Gubernur Khofifah mengucapkan duka cita mendalam dan mendoakan almarhum BJ Habibie ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT dan diampuni seluruh khilafnya.

“Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh masyarakat, saya menyampaikan duka cita mendalam. Kemudian, diberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Bapak Habibie. Allahuma Aamiin,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Menurut dia, BJ Habibie merupakan sosok sangat menginspirasi generasi muda Indonesia, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Karir cemerlang Habibie, menurut dia juga memotivasi banyak anak muda Indonesia terus berprestasi untuk kemajuan bangsa, bahkan dianggap mengenalkan paradigma pendidikan yang berpengaruh luas, yaitu pentingnya Imtak dan Iptek (iman dan taqwa serta ilmu dan teknologi) sebagai satu kesatuan bekal hidup manusia.

“Saya termasuk orang yang sangat mengagumi beliau dan menjadikan salah satu referensi teladan. Beliau juga terkenal sebagai sosok romantis dan penuh cinta,” katanya.

Gubernur Khofifah berencana hadir dalam prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Nasional Utama (TMPNU) Kalibata Jakarta pada Kamis, 12 September 2019.

“Saya mengajak masyarakat ikut mendoakan beliau dan bagi yang beragama Islam melaksanakan sholat ghaib,” tambah mantan menteri sosial tersebut.

BJ Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 adalah Presiden Ke-3 RI yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno.

Habibie menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan Presiden pada 21 Mei 1998, kemudian digantikan oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai Presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999.

Habibie pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi yang menginisiasi pembuatan pesawat perintis bernama CN 235 Gatot Kaca.

Pesawat nasional tersebut dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia serta menjadi kebanggaan yang menunjukkan bahwa Indonesia mampu melompat dari negara agraris menjadi negara industri dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. (fha)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SURABAYA

BI Jatim Dorong Akselerasi Eekpor UMKM

Published

on

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah

Jatimraya.com, Surabaya – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur terus berupaya mendorong akselerasi ekspor khususnya untuk UMKM, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya mengurangi defisit transaksi berjalan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah di Surabaya, Rabu (11/9/2019), mengatakan dorongan itu juga agar produk UMKM bisa menembus pasar global.

“Kami ingin menanamkan mindset kepada UMKM, bahwa menembus pasar global bukanlah suatu hal yang mustahil. Untuk itulah, kami melakukan berbagai program untuk memfasilitasi UMKM agar mampu menembus pasar luar negeri,” kata Difi kepada wartawan.

Saat ini, kata dia, BI Jatim telah memfasilitasi 11 UMKM dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Malang, dan Kediri untuk bekerja sama dengan importir asal Singapura, Anapana.

“Setelah adanya kerja sama ini, kami harap mereka bisa membuka peluang pasar bagi UMKM Jawa Timur untuk berekspansi ke pasar global. Dan tidak hanya Singapura, namun juga ke negara-negara lain seperti Hongkong dan Kanada,” tuturnya.

Ia mengatakan, selain memfasilitasi dengan importir Singapura, BI Jatim juga menguatkan sinergi dengan menggandeng berbagai komunitas, termasuk melalui pendampingan agar mampu meningkatkan kapasitas dan kualitasnya untuk bersaing di pasar global.

Menanggapi upaya BI Jatim, Ketua Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Jawa Timur Muhammad Oskar mengapresiasi langkah BI Jatim, dan dari sinergi tersebut banyak produk UMKM Jatim yang saat ini telah diterima baik di pasar Singapura.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang sudah berlangsung sejak 2018 ini, dan diharapkan ke depan bisa banyak lagi UMKM yang diajak kerja sama oleh BI Jatim,” tuturnya. (ami)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending