Connect with us

SURABAYA

Pemasangan Box Culvert Manukan-Sememi Surabaya Ditarget Akhir 2019

Published

on

Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi saat sidak pemasangan box culvert di sisi Manukan-Sememi, Kota Surabaya pada Rabu (12/6/2019).

Jatimraya.com, Surabaya – Proyek pemasangan box culvert atau gorong-gorong di wilayah Manukan menuju Sememi, Kota Surabaya, Jawa Timur, ditargetkan akan selesai sebelum musim hujan atau sekitar November 2019.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi, di Surabaya, Kamis (13/6/2019), mengatakan proyek box culvert Manukan-Sememi merupakan proyek multiyears yang dikerjakan sejak 2019 hingga 2020.

“Sebenarnya proyek box culvert itu merupakan proses panjang yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya karena membentang dari Girilaya hingga tuntas di Benowo,” katanya.

Eri merinci proyek box culvert di Girilaya-Banyu Urip sepanjang 852 meter dibangun pada 2009 dengan menggunakan APBD, Banyu Urip Lor 2-Simo Pomahan sepanjang 1.520 meter dibangun pada 2010 dengan menggunakan APBD, Simo Pomahan-Simo Jawar sepanjang 650 meter dibangun pada 2011 dengan APBD.

Sedangkan proyek box culvert dari Simo Jawa-Margomulyo sepanjang 2.988 meter yang dibangun pada tahun 2012-2014 menggunakan dana APBN. Selanjutnya, dari Margomulyo-Kali Balong sepanjang 500 meter yang dibangun pada tahun 2015, juga menggunakan dana APBN.

“Sisanya sampai sekarang menggunakan APBD,” ujarnya.

Begitu juga box culvert di sisi Babat Jerawat sepanjang 600 meter dibangun pada 2016 dengan menggunakan APBD. Kemudian dari Kandangan–Babat Jerawat sepanjang 2.400 meter dibangun pada 2017-2018 dengan APBD.

Sedangkan yang dikerjakan tahun ini hingga 2020 di sisi Manukan-Banjar Sugihan sepanjang 1.000 meter juga menggunakan APBD. Termasuk pula dari Banjar Sugihan-Sememi sepanjang 1.300 meter juga menggunakan APBD.

“Jadi, total yang dikerjakan pada 2019-2020 dari Manukan-Sememi sepanjang 2.300 meter. Proyek ini menelan anggaran sebesar Rp139 miliar lebih,” katanya.

Kemudian pada 2020, Pemkot Surabaya masih akan melanjutkan proyek box culvert ini di sisi Babat Jerawat-Benowo sepanjang 2.100 meter. Khusus sisi ini, anggarannya masih belum ada karena masih akan direncanakan tahun depan.

“Total secara keseluruhan proyek box culvert dari Girilaya-Benowo sepanjang 13.910 meter dengan total anggaran Rp762 miliar. Dana itu berasal dari APBD sebesar Rp472 miliar lebih dan dari APBN sebesar Rp290 miliar lebih,” katanya.

Eri juga menambahkan bahwa setiap proyek infrastruktur pasti akan menimbulkan dampak, seperti macet dan sebagainya, sehingga dia berharap kepada masyarakat untuk bersabar karena dampak proyek itu untuk kenyamanan masyarakat juga.

“Saya berharap kepada masyarakat, ayo saling dukung antara pemerintah dan masyarakat, sehingga bisa bersinergi dan pembangunannya bisa lebih cepat,” ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa hingga saat ini proyek box culvert Manukan-Sememi sudah berjalan sesuai dengan kurva S atau schedule yang dibuat oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya.

Eri pun berkomitmen untuk terus memantau proyek tersebut supaya bisa rampung sesuai jadwal pelaksanaan. “Kami akan terus pantau ini supaya sesuai schedule,” katanya.

Selain itu, Eri pada saat Eri saat sidak di lokasi proyek box culvert Manukan-Sememi, Rabu (12/6) juga meminta kepada pihak pelaksana proyek untuk menyelesaikan pemasangan box culvert sebelum November. Sebab, lanjut dia, kalau musim hujan airnya tidak bisa ditampung sehingga bisa meluber kemana-mana.

“Makanya, teman-teman pelaksana proyek sudah menyiapkan pengerjaan box culvert itu sampai titik yang sudah ditentukan, meskipun tidak tertutup, tapi box culvertnya sudah harus terpasang, sehingga kalau musim hujan airnya tetap bisa mengalir lancar,” katanya.

Namun begitu, ia mengaku masih akan berkoordinasi lagi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Linmas untuk memastikan musim hujan deras-derasnya di bulan apa. Apabila deras-derasnya pada Oktober, maka ia akan meminta kepada pelaksana proyek untuk melakukan percepatan pemasangan box culvertnya sebelum Oktober.

“Insya Allah bisa dikerjakan kalau pemasangan box culvertnya saja,” ujarnya. (abd)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KULINER

Gyu Kaku, Restoran BBQ Ala Jepang di Surabaya

Published

on

Salah satu menu yang disajikan di Gyu Kaku Surabaya, Jawa Timur.

Jatimraya.com, Surabaya – Bagi kamu yang gemar memakan hidangan khas Jepang, pasti sudah tahu dan pernah mampir ke restoran Gyu Kaku. Jika kamu belum pernah mampir dan tidak tahu sama sekali tentang Gyu Kaku, sebaiknya luangkan waktu kamu untuk mengunjungi restoran satu ini. Hal ini dikarenakan Gyu Kaku merupakan restoran BBQ ala Jepang yang direkomendasikan banget. Mau tahu lebih tentang Gyu Kaku? Mari simak ulasan berikut ini.

Gyu Kaku

Gyu Kaku merupakan restoran BBQ ala Jepang yang menerapkan sistem all you can eat. Restoran bertema meat BBQ ini memiliki tiga macam paket. Ada paket standar buffet dengan harga sekitar Rp. 228.000 per orang, paket premium buffet sekitar Rp. 398.000 per orang dan paket exclusive buffet dengan harga Rp 458.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk pajak dan harga tersebut diperuntukan kepada orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak memiliki harga yang berbeda. Harga tersebut memang cukup mahal. Tapi mengingat konsep restoran yang merupakan restoran all you can eat dengan tema meat BBQ, harga tersebut setimpal.

Saat ini Gyu Kaku, terutama yang berada di Surabaya telah bekerja sama dengan Traveloka. Di Traveloka Eats kamu bisa mendapatkan harga yang mungkin lebih rendah, karena adanya promo di waktu tertentu. Selain itu, jika kamu keberatan dengan menu all you can eat kamu bisa memilih makanan secara ala carte. Tapi biasanya, harga ala carte pasti jatuhnya lebih mahal dibandingkan harga paket all you can eat.

Gyu Kaku Surabaya

Restoran Gyu Kaku yang berada di Surabaya sendiri memiliki tiga cabang. Cabang pertama ada di Galaxy Mall Surabaya yang berada di jalan Dharmahusada Indah Timur nomor 35-37, Mulyorejo, Surabaya. Sedangkan cabang kedua ada di jalan Jenderal Basuki Rachmat nomor 8-12, Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Tepatnya terletak di Tunjungan plaza 4 lantai 5. Kemudian cabang yang ketiga berada di Pakuwon Mall, Jalan Puncak Indah Lontar 2, Surabaya.

Menu Gyu Kaku

Ada banyak sekali menu yang dapat dipilih di Gyu kaku. Namun hampir semua menu merupakan berbahan dasar daging. Berikut ini adalah beberapa menu yang terdapat dalam paket yang disediakan di Gyu Kaku.

    1. Standar buffet
      Menu yang ada di paket standar buffet, terdiri dari : Appetizer and Agemono, Standar meat, Salad, Assorted Vegetables, Grilled Appetizer, Rice and Noodle, Soup, Homemade Pickles dan Dessert.
    2. Premium buffet
      Menu-menu yang ada pada paket premium buffet, meliputi: Appetizer dan Agemono, Premium meat, Salad, Assorted Vegetables, Grilled Appetizer, Rice and Noodle, Soup, dan Dessert.
    3. Premium wagyu buffet
      Premium wagyu buffet atau yang sering disebut exclusive buffet memiliki menu-menu sebagai berikut: Appetizer and Agemono, Premium wagyu meat, Salad, Assorted Vegetables, Grilled Appetizer, Rice and Noodle, Soup, dan Dessert.

Sekilas memang menu dalam paket hampir sama. Namun sejatinya di dalam paket-paket tersebut memiliki beberapa menu yang berbeda. Terutama daging yang digunakan. Daging yang digunakan pada paket standar adalah daging dengan standar yang biasa. Sedangkan daging yang digunakan di paket premium adalah daging kelas premium dan daging wagyu adalah daging yang exclusive. Selain itu paket premium juga memiliki menu yang lebih lengkap dibandingkan kedua paket lainnya. (adv)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SURABAYA

KIPP Jatim Ingatkan Penyelenggara Pemilu soal Aturan Main Pilkada Serentak

Published

on

Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur, Novli Thyssen .

Jatimraya.com, Surabaya – Komite Independen Pemantau Pemilu Jawa Timur mengingatkan penyelenggara pemilu baik Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu serta peserta pemilu soal aturan main pilkada yang berbeda dengan pemilu legislatif maupun pemilihan presiden.

“Aturan main perlu dipahami bersama oleh para peserta dengan penyelenggara pemilu demi terwujudnya asas pemilu yang free and fair,” kata Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur, Novli Thyssen di Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Menurut dia, terdapat sekurangnya 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan melaksanakan pilkada serentak di tahun 2020. Pilkada serentak 2020 adalah pilkada serentak gelombang ke empat sejak dimulainya pada 2015.

Ia mengatakan ada perbedaan aturan main antara pilkada dengan pilpres maupun pileg di antaranya terkait dengan syarat pencalonan, aturan berkampanye, sampai dengan prosedur tata cara dan mekanisme penyelesaian pelanggaran.

Begitu juga kesepahaman tentang pola penanganan pelanggaran pidana pemilu antara Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) juga penting guna menghindari multi interpretasi pasal-pasal pidana dalam Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah.

Selain itu, keprofesionalan penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu dalam menjalankan tugasnya menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah juga menentukan kualitas dan legitimasi penyelenggaraan itu sendiri.

Terakhir adalah pentingnya peningkatan pendidikan pemilih bagi masyarakat pemilih melalui sosialisasi peran masyarakat pemilih dalam demokrasi elektoral di tingkat lokal serta memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk turut memantau seluruh proses tahapan pilkada.

“Termasuk memberikan akses informasi kepada masyarakat tentang rekam jejak para calon kandidat kepala daerah yang nantinya sangat bermanfaat menjadi bahan pertimbangan rasional pada saat menentukan pilihannya di bilik suara,” katanya. (abd)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SURABAYA

Polda Jatim Tangkap Mantan Ketua PSSI Kota Pasuruan

Published

on

Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara.

Jatimraya.com, Surabaya – Subdit III Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menangkap mantan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Pasuruan Edi Hari Respati atas dugaan korupsi dana hibah pemkot setempat periode 2013 sampai dengan 2015.

Dana hibah ini, kata Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara di Surabaya, Kamis, digelontorkan oleh pemkot melalui KONI Kota Pasuruan untuk PSSI setempat sebesar Rp15,24 miliar.

“Kasus dana hibah di tahun 2013 s.d. 2015 yang diperuntukkan PSSI Kota Pasuruan. Dana hibah tersebut dari KONI Pasuruan Kota, kemudian ditemukan ada sekitar Rp3,8 miliar dinilai untuk kerugian pada tahun 2015,” ujarnya.

Baca juga: Jaksa KPK tampilkan daftar pembagian dana hibah dari Sekjen KONI

Arman menjelaskan bahwa dana hibah dari KONI itu diperuntukkan bagi pembinaan pemain amatir U-16 dan U-19 atau Liga Remaja di Kota Pasuruan.

Tersangka, kata dia, menggunakan dana hibah yang diterima PSSI Kota Pasuruan untuk kepentingan pribadi, termasuk membuat dokumen palsu agar bisa melakukan tindakan korupsi.

“Membuat LPJ atas penggunaan dana hibah PSSI Kota Pasuruan yang berisi data-data fiktif dan mark up,” ucap perwira menengah tersebut.

Saat ini polisi melakukan pemeriksaan secara maraton terhadap saksi-saksi, yaitu sebanyak 82 orang, termasuk dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pasuruan, PSSI, KONI, BPK, dan pejabat Bank Jatim.

Selain menahan tersangka, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa dokumen proposal permohonan, LPJ, laptop, bukti pencairan dana hibah dan rekening koran Bank Jatim milik KONI Kota Pasuruan.

Baca juga: KPK identifikasi peruntukan dana hibah ke KONI

Atas perbuatannya, tersangka terjerat Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan UU Nomor 20/2001 Pasal 2 Ayat (1) dan/atau Pasal 3.

“Ancaman hukuman seumur hidup, pidana penjara paling singkat 4 tahun, dan denda Rp1 miliar,” tuturnya. (fiq)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending