Connect with us

NASIONAL

GAPKI Peduli Covid-19 Salurkan Bantuan Melalui Kemendag

Published

on

Foto : Penyerahan bantuan GAPKI Peduli, minyak goreng dan masker ke Kementerian Perdagangan. Bantuan diserahkan Direktur Eksekutif GAPKI, diterima Kepala Biro Umum Kementerian Perdagangan

JatimRaya.Com, Jakarta – Masyarakat Indonesia masih dilanda pandemi global COVID-19, yang tidak hanya berdampak terhadap kesehatan namun juga mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan ekonomi masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi perhatian bersama, tidak terkecuali para pelaku usaha di industri sawit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Melalui program GAPKI Peduli, GAPKI terus mendukung pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Indonesia. Setelah bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pertanian, kali ini GAPKI menggulirkan bantuan melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Direktur Eksekutif, Mukti Sardjono kepada Kepala Biro Umum Kemendag, Sugih Rahmansyah pada Rabu (6 Mei 2020) di Kantor Kementerian Perdagangan.

“Sebanyak 11.200 masker dan 1.008 liter minyak goreng diserahkan kepada Kemendag untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak.” ungkap Mukti Sardjono dalam sambutannya di acara GAPKI Peduli (Rabu, 6/5) di kantor Kementerian Perdagangan.

Menurut Mukti Sardjono, minyak goreng diperlukan sebagai kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. “Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh situasi ini” tambahnya.

Program GAPKI Peduli berupa bantuan masker dan minyak goreng yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, mendapat sambutan positif dari pihak Kementdag yang disampaikan langsung oleh Sugih Rahmansyah. Pihaknya mengapresiasi GAPKI atas kepeduliannya dengan memberikan bantuan.(*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

NASIONAL

Minta Maaf, Orang Rimba Akui Serang Sekuriti Perusahaan

Published

on

foto: Kegiatan penyuluhan keehatan orang Rimba

JatimRaya.Com, Merangin – Ketegangan akibat pemukulan tiga orang sekuriti perusahaan sawit PT SAL Jambi oleh sekelompok Orang Rimba, berakhir damai. Kedua pihak telah sepakat berdamai dan berjanji bekerjasama untuk menjaga stabilitas keamanan di lingkungan masing-masing.

“Sudah tidak ada masalah lagi, sudah damai. Semoga Ramadhan membawa berkah bagi kita semua,” kata Kapolsek Tabir Selatan Iptu Sejati menjawab pertanyaan wartawan, Sabtu (16/5).

Menurut Sejati, dalam pertemuan di Mapolres Merangin, dua perwakilan Tumenggung Orang Rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) yakni Sikar dan Pakjang secara terbuka mengakui bahwa anggotanya melakukan pemukulan terhadap security PT SAL.

“Mereka telah meminta maaf kepada manajemen PT SAL dan berjanji untuk membina warganya agar tidak melakukan tindak pidana maupun tindakan lain yang meresahkan,” kata Sejati.

Menurut Sejati, kesepakatan perdamaian itu disaksikan Kapolres Merangin AKBP Mokhamad Lutfi SLK dan Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tommy Radya Diansyah Lubis S.Ap.M. Han. Sementara itu saksi dari Pemerintahandiantaranya Kadis Sosial PPK Kabupaten Merangin Junaidi dan Sekcam Tabir Selatan Afrizal.

Adanya kesepakatan perdamaian itu dibenarkan Sikar. Menurut dia, telah ada kesepakatan perdamaian antara kedua belah pihak. “Kami juga telah mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada manajemen PT SAL,” kata Sikar kepada wartawan.

Sejati menambahkan, warga Orang Rimba berjanji untuk tidak mengganggu aktivitas perusahaan dan karyawan PT SAL. “Jika mereka mengulangi tindakan yang sama, Kepolisian akan melakukan tindakan tegas dan melakukan proses hukum,” kata dia.

Sejati mengklarifikasi bahwa berdasarkan fakta di lapangan tidak terjadi penyerangan. Faktanya justru berbeda. Sebanyak 8 Orang Rimba menyerang dan memukul tiga orang sekuriti perusahaan yang sedang patroli ketika dihimbau tidak masuk ke kebun inti perusahaan. Himbauan ini disampaikan sekuriti karena perusahaan sedang melaksanakan protokol covid-19 sehingga mencegah karyawan dan masyarakat termasuk Orang Rimba terpapar dari risiko covid-19.
Akibat pengeroyokan itu para sekuriti lari bahkan ada seorang security yang terjungkal di parit. “Secara hukum, tindakan ini masuk kategori pengeroyokan,” kata Sejati. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

NASIONAL

PT SAL Bantu Jaga Ketahanan Pangan Orang Rimba

Published

on

Foto : PT SAL Pada saat pandemi sekarang dimana pergerakan manusia sangat dibatasi, pemberian bahan pangan ini sangat membantu

JatimRaya.Com – Program bantuan pangan bagi orang rimba merupakan program penting PT Sari Aditya Loka (PT SAL). Program tersebut dilaksanakan sejak tahun 2009 dengan program pertama kepada Tumenggung Sikar. Program ini memberikan dampak positif bagi orang rimba.

“Kami memberikan bahan makanan pokok secara rutin setiap bulan kepada orang rimba yang berdampingan dengan PT SAL,” ungkap Thressa, Community Development Officer PT SAL.

Pada saat pandemi sekarang dimana pergerakan manusia sangat dibatasi, pemberian bahan pangan ini sangat membantu. Lebih dari tiga ratus kepala keluarga orang rimba yang menerima manfaat program ini. Lebih dari tiga ratus KK tersebut berasal dari dari tumenggung yakni; Tumenggung Nggrib, Tumenggung Nangkus, Tumenggung Bepayung, Tumenggung Afrizal, Tumenggung Sikar, Tumenggung Pak Jang, Dan Tumenggung Ngepas.

“PT SAL memberikan bahan makanan tersebut bukanlah ujung dari program ketahanan pangan,” ungkapnya. Dalam jangka panjang, PT SAL mengembangkan kebun-kebun yang mendukung program ketahanan pangan. Kebun ketahanan pangan ini juga berfungsi sebagai agricultural learning center Dengan demikian, PT SAL ingin agar orang rimba tidak ada yang kekurangan bahan pangan atau kelaparan. “Alhamdulillah orang Rimba disekitar kami tidak ada yang kelaparan,” tegasnya.

Agar lebih bisa menjamin kebutuhan hidup, PT SAL juga mengembangkan program pendampingan untuk meningkatkan pendapatan orang rimba. Program usaha budidaya pertanian seperti hortikultura, peternakan, sampai dengan perikanan telah dilaksanakan. Beberapa peserta program juga telah berhasil mengembangkan usahanya sepeti Pak Tarib yang berhasil mengembangkan budidaya lele.

Tidak hanya pangan, program Corporate Social Responsibulity PT SAL juga menjangkau sektor kesehatan dan pendidikan.
Dalam bidang kesehatan, PT SAL membangun Klinik khusus untuk orang rimba dibangun pada tahun 2016 dan 2018. “Tidak ada biaya, semua gratis untuk Suku Anak Dalam,” ungkapnya. Saat ini pelayanan kesehatan PT SAL untuk orang Rimba sampai dengan masuk kedalam hutan. Diharapkan orang rimba mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai.

Dalam bidang pendidikan, telah dibangun 11 sekolah yang baik sekolah dengan bangunan maupun sekolah lapang. Sebanyak 345 siswa juga telah merasakan manfaat program pendidikan PT Sari Aditya Loka. Bahkan, ada anak-anak yang disekolahkan sampai ke Jogjakarta, kota pendidikan. (*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

NASIONAL

Tidak Ada Konflik antara PT SAL dengan Orang Rimba

Published

on

Foto: Kegiatan pendidikan Orang Rimba yang diselenggarakan oleh PT Sari Aditya Loka di Jambi

JatimRaya.Com, JAMBI – Berita sejumlah media yang menyebutkan terjadi konflik antara PT Sari Aditya Loka (SAL), perusahaan perkebunan sawit di Jambi, dengan salah satu kelompok Orang Rimba tidak sesuai fakta di lapangan. Apalagi, berita tersebut, hanya berdasarkan pernyataan pers yang disebarkan oleh salah satu LSM yang dikenal antisawit.

“Sama sekali tidak sesuai kondisi yang sesungguhnya. Karena itu kami memberikan klarifikasi,” kata Muhamad Husni, Manager Humas PT Sari Aditya Loka, dalam keterangan persnya di Jambi, Jumat (16/ 5).

Dalam press release yang disebarkan sepihak oleh sebuah LSM antisawit,
disebutkan bahwa security PT SAL melakukan pemukulan tehadap sejumlah Orang Rimba. Padahal kenyataan di lapangan justru sebaliknya, beberapa Orang Rimba menyerang dan memukul security perusahaan setelah dihimbau agar tidak mengambil berondolan di area kebun inti perusahaan. Himbauan ini diakukan karena di tengah pandemi covid-19 perusahaan mencegah dan membatasi akses orang luar masuk ke dalam kebun. Bahkan karyawan juga diminta agar tetap di dalam kebun saja selama covid-19.

“Petugas keamanan perkebunan hanya menjalankan tugas bertanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan semua pihak, termasuk keselamatan Orang Rimba yang hidup berdampingan di sekitar perusahaan,” kata Husni.

Menurut dia, petugas keamanan bertemu Orang Rimba kelompok Sikar mencoba berdialog terkait larangan selain karyawan memasuki perkebunan. Hal itu dilakukan karena adanya protokol operasional pencegahan COVID-19.

Meski sempat menuruti imbauan itu, Husni mengatakan petugas keamanan mengalami pengeroyokan yang diduga dilakukan oleh Orang Rimba pada malam harinya.

Konflik yang terjadi di pemukiman Orang Rimba terjadi ketika orang desa sekitar melihat warganya yang menjadi petugas keamanan perusahaan dikeroyok mencari pelakunya.

“Justru kami menyelamatkan Orang Rimba dari aksi balas dendam warga yang tidak terima ada warga mereka dikeroyok Orang Rimba. Fakta ini disembunyikan oleh LSM,” katanya.

Husni mengatakan PT SAL lalu menghubungi polisi setempat untuk menghindari konflik lebih lanjut . Upaya mediasi terus dilakukan sampai saat ini.

“PT SAL ingin hidup dalam suasana harmonis seperti selama ini sudah berjalan bersama masyarakat desa sekitar maupun Orang Rimba. Apalagi di tengah suasana pandemi yang mengharuskan semua pihak bekerja sama lebih erat lagi,” kata dia.

Dia mengatakan PT SAL telah memberikan bantuan beras dan sembako selama pandemi covid-19 kepada masyarakat, termasuk kepada Orang Rimba. Bahkan, menurut dia, bantuan juga diberikan kepada Orang Rimba setiap bulannya sebelum pandemik.(*)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending